Wisata Literasi, Lipulalongo, Kec. Labobo Kab. Banggai Laut

Surga khatulistiwa kembali terlihat di Bumi Banggai Laut. Tepatnya di Desa Lipulalongo, Kec.. Labobo Kabupaten Banggai Laut Provinsi Sulawesi Tengah. Ya namanya Bone Binotik.
Bone Binotik tak hanya memiliki pemandangan Alam yang terbilang begitu indah namun juga memiliki nilai historis yang unik.

Mengapa tidak, ternyata kata Binotik lahir dari sebuah proses literasi yang telah dilakukan orang terdahulu. Botik atau Binotik adalah sebuah proses menciptakan karya seni yang dilakukan dengan mendesain dan dilanjutkan dengan mengaplikasikan dalam bentuk pahatan-pahatan dengan media dinding perahu pada saat proses pembuatan perahu pada zaman itu.

Ini kemudian terinspirasi dari jejak-jejak kaki sang putri semata wayang yang tertinggal dan terlihat dihamparan pasir putih yang indah nan menawan. lewat pengamatan mata oleh sang Ayah, jejak-jejak kaki tersebut dijadikan inspirasi desain pahatan. dari proses itulah sehingga oleh orang yang tinggal, tempat itu dinamakan Binotik.

Kegiatan di Wisata Literasi
Bone Binotik oleh Pemuda yang tergabung dalam Komunitas Tasi Botik Lipulalongo bersama masyarakat bersepakat untuk kemudian dikonservasi menjadi objek wisata dan dikemas dengan nuansa LITERASI. keadaan ini tentunya tidak lahir begitu saja tetapi juga berkat adanya program pemerintah pusat yaitu Kampoeng Literasi yang diprakarsai oleh Bois Pustaka Desa Lipulalongo dan  Patroli Pintar Babhinkamtibmas Polsek Lo.Bangkurung. juga kegiatan peresmiannya di sponsori oleh Pemerintah Daerah Kab. Banggai Laut melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Wisata Literasi mulai banyak dikunjungi

Sungguh luar biasa memang, tak berselang lama semenjak diresmikannya sebagai Wisata Literasi bagaikan sebuah berlian yang ditemukan dari perut bumi Indonesia, Bone Binotik telah berhasil menarik perhatian para wisatawan baik lokal maupun internasional untuk datang berkunjung hanya untuk menghabiskan waktu liburan dengan menikmati pemandangan Alam dan menjadi saksi hidup tetang kebesaran Allas SWT.

Putri International Lingkungan Tahun 2017, Kevin Liliana merupakan wisatawan kehormatan yang pertama kali berkunjung di Wisata Literasi Bone Binotik.

Semoga Wisata Literasi Bone Binotik tetap dijaga kelestariannya dan juga dibutuhkan donatur-donatur baik itu berupa ide, saran, materi, dan juga buku-buku demi pengembangan Wisata Literasi satu-satunya di Daerah Kabupaten Banggai Laut.

Berlangganan artikel via email:

0 Response to "Wisata Literasi, Lipulalongo, Kec. Labobo Kab. Banggai Laut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel